Text
Pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Tipe Insert Outset Circle (IOC) terhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas vii SMP N 2 Metro semester genap Tp. 2014/2015
ABSTRAK
Hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Metro TP.
2014/2015 yaitu terdapat 79,41 % siswa belum mencapai KKM. Hal ini
dikarenakan siswa kurang berani mengungkapkan idenya. Maka dengan
menggunakan model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC)
siswa diharapkan lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat
mencmukan sendiri jawaban dari suatu pennasalahan yang diberikan guru. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar IPS
Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran
2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan cara cluster random sampling. Pengujian hipotesis
menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis yang dilakukan terbukti
bahwa ada pengaruh positif penggunaan model Cooperative Learning tipe Inside
Outside Circle (10C) terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII C
di SMP Negeri 2 Metro. Hal ini dibuktikan dengan penghjtungan analisis data
diketahui bahwa nilai thinmg > tube], dan pada taraf signi?kan 5% yaitu 5,87 > 1,70
sedanng pada taraf signi?kan 1% yaitu 5,87 > 2,46, yang dapat dilihat pada
da?ar G tabel statistik. Dengan demikian maka hipotesis diterima.
Kata Kunci : Model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC), Hasil Belajar.
Tidak tersedia versi lain