Text
Pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas viii semester genap smp n 1 pekalongan tp. 2014/2015
Abstrak
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran scramble terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII
semester gcnap SMP Negeri 1 Pekalongan tahun pelajam 2014/2015. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pekalongan Semester
Genap Tahun pelajaran 2014/2015 yang beljumlah 191 siswa. Sampel diambil
secara simpel random sampling dan diperoleh kelas VIII 2 yang berjumlah 32
siswa sebagai kelas yang dijadikan penelitian eksperimen atau sebagai kelas yang
mendapat perlakuan menggunakan pembelajaran scramble dan kelas kontro] yang
berjumlah 32. Kemudian data yang diperoleh dianalisi dengan menggunakan
rumus ttabel untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran scramble terhadap hasil belajar IPS Terpadu yaitu dengan rumus
Regresi linier sederhana. Dari analisis data hasil penelitian menggunakan rumus
Regresi linier sederhana didapatkan thmmg = 5 dengan tube; =2,46 pada taraf
sigm?kasi 0,01 atau 1% ,sedangkan T tab
Tidak tersedia versi lain