Text
pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester Genap SMP N 1 Pekalongan TP. 2014/2015
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pcngaxuh
pengglmaan model Cooperative Learning tipe Talking Stick terhadap basil belajar
IPS terpadu siswa kelas VII semester genap SMP Negeri l Pekalongan tahun
pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Pekalongan Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 yang bexjumlah
192 siswa. Sampel diambil secara sampling purposive dan diperoleh kelas V113
yang beljumlah 32 sebagaj kelas yang dijadikan penelitian eksperimen atau
schagai kelas yang mendapat perlakuan menggunakan model Cooperative
Learning tipe Talking Slick, dan kelas konLrol di kelas VII; yang bcxjumlah 32.
kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus tube. untuk
mcngetahui apakah ada pengaruh model Cooperative Learning tipe Talking Stick
lethadap basil belajar [PS Terpadu ya'xtu dengan rumus Regresi linier
Wdari analisis data hasil penelitian menggunakan rumus Regresi linier
minimal didapatkan pada taraf signi?kan thmmg > tube], dan terlihat bahwa pada
l'llf?gui?kan 5% yaitu 5,25> 1,70. Dan pada taraf signi?kan 1% yaitu 5,25 >
2,46, yang dapat dilihat pada daftar G tabel statistik. Dengan demikian maka
Iipotcsis diterima.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan
Waive learning tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar [PS
Tami!) siswa kelas V II SMP Negen' l Pckalongan atau hipotesisnya berbunyi
Alb pengamh yang positif penggunaan model cooperative learning tipe talking
stick terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada kelas VII SMP Negeri 1 Pekalongan
Mm pelajaran 2014/2015.
kata kunci : Pengaruh, Penggunaan model Cooperative learning tipe talking
stick, dan Hasil Belajar
Tidak tersedia versi lain