Text
pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA 1 Pekalongan TP. 2014/2015
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan
media pembelajaran visual terhadap hasil belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N
l Pekalongan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan
desain True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group
Design Berdasarkan analisis data hasil penelitian menggunakan rumus regresi
Iinier sederhana didapat t-hitung = 7,02 sedangkan t-tabel = 1,72 pada taraf
signi?kan 0,05 atau sebesar 5% dan t-tabcl = 2,52 pada taraf signi?kan sebcsar
0,01 atau sebesar 1% dengan demikian t-hitung > t-tabel. Ini berarti regresi linier
sederhana bersifat nyata, atau hipotesis terima, dan dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa : Penggunaan media pembclajaran visual dapat meningkatkan
basil belajar ekonomi siswa kclas X SMA Negeri l pekalongan pada pokok
bahasan: pendapatan nasional. Dibuktikan dengan rata-rata nilai pretest
pengukuran awal sebelum proscs pcmbelajaran sebesar 57,15 dan rata-rata nilai
posttest setelah diberikan treatment menggunakan variabel X sebesar 77,63.
Kata Kunci : Pengaruh Penggunaan Media Pcmbelajaran Visual dan Hasil Belajar.
Tidak tersedia versi lain