Text
Pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Teknik Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Semester Genap SMP N 1 Gunung Agung TP. 2014/2015
ABSTRAK
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh penggunaan model Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray
(T S-TS) terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VIII Semester Genap SMP
Negeri 1 Gunung Agung tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Agung tahun pelajaran
2014/2015, yang beljumlah 6 kelas dengan jumlah siswa 190. Pengambilan
sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan yang terpilih menjadi
sampel yaitu kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan
kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol yang beljumlah 32 siswa. Berdasarkan analisis
data dan uji hipotesis penelitian, untuk menguji hipotesis menggunakan rumus
regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis
dapat diterima sebab thitung = 8,72 lebih besar tube! = 1,70 dan 2,46 dengan
demikian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif penggunaan model
Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS
Terpadu kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Gunung Agung.
Kata kunci : Cooperative Learning teknik Two Stay Two Stray dan Hasil Belajar IPS Terpadu
Tidak tersedia versi lain