Text
pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VIII semester genap SMP N 1 Kota Gajah TP 2014/2015
Keywords : Model Cooperative Learning type Group Investigation (GI) and
learning outcomes Social Sciences
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar
lPS Terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental
design berbentuk noneqiuvalent control group design. Dari analisis data
menunjukkan basil belajar IPS Terpadu mengalami peningkatan 45,83 % dilihat
dari perbandingan evaluasi pretes dan evaluasi posttes, yaitu peserta didik yang
mencapai kriteria ketuntasan minimal pada evaluasi pretes adalah 16,67%,
sedangkan peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada evaluasi
posttes adalah 62,5 %. Berdasarkan perhitungan dengan rumus rcgresi linier
sedelfhana dengan menggunakan thimg (tn) dalam analisis data dapat diketahui
bahwa analisis perhitungan nilai tersebut tm-mg > tube, .Pada taraf signi?kan 5%
yaitu 4 > 1,72 yaitu than
Tidak tersedia versi lain