Text
pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative Tipe Script terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IIS semester Genap SMAN 3 Metro TP. 2014/2015
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran cooperative tipe script terhadap basil belajar ekonomi kelas X IIS
semester genap SMA Negeri 3 Metro tahun ajarn 2014/2015. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X [18 SMA Negeri 3 Metro Semester Genap
Tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 128 siswa. Sampel diambil secara
sampling purposive dan diperoleh kelas X US 4 yang berjumlah 32 sebagai kelas
yang dijadikan penelitian eksperimen atau sebagai kelas yang mendapat perlakuan
menggunakan pembelajaran cooperative tipe script dan kelas kontrol yang
berjumlah 32. Kemudian data yang diperoleh dianalisi dengan menggunakan
mmus tube untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan pembelajaran
cooperative tipe script terhadap hasil belajar ekonomi yaitu dengan tumus Regresi
linier sederhana. Dari analisis data hasil penelitian menggunakan rumus Regresi
linier sederhana didapatkan thng =3,44 dengan tube. =2,46 pada taraf signi?kasi
0,01 atau 1% ,sedangkan T tabel=1,70 pada tarap signi?kasi 0.05 atau 5%,dengan
demikian tum > tubal. Ini berarti Regresi linier sederhana bersifat nyata atau
hipotesi diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa strategi belajar dengan
meugglmakan pengaruh penggunaan metode pembelajaran cooperative tipe script
mempunyai pengaruh yang positif terhadap basil belajar ekonomi kelas X US
semester genap SMA Negeri 3 Metro Tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci : Pengaruh, pembelajaran cooperative tipe script, dan Hasil Belajar
Tidak tersedia versi lain