Text
pengaruh penggunaan model cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VII Semester Genap SMP N 7 Metro TP. 2014/2015
ABSTRAK
Kata Kunci : Model Cooperative Learning tipe Group Investigation dan Hasil
Belajar IPS Terpadu
Model Cooperative Learning Tipe Group investigation adalah suatu tipe
pembelajaran yang melibatkan peserta didik sejak perencanaan, baik dalam
menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya secara investigasi. Model
pembelajaran ini lebih menekankan pada partisipasi dan akti?tas peserta didik untuk
mencari sendiri materi (informasi) pembelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-
bahan yang tersedia, misalnya dari buku pelajaran atau peserta didik dapat mencan'
melalui media lainnya. Hasil belajar adalah suatu hal yang diperoleh peserta didik
setelah mengikuti kegiatan proses pembelajaran berdasarkan kriteria tertentu dalam
pengukuran pencapaian tujuan pembelajaran itu sendiri yang dapat memberikan
perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan
peserta didik sehingga menjadi lebih baik dari pada sebelumnya,berupa skor atau
nilai setelah proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Berdasarkan hasil survei yang penulis lakukan yang menjadi masalah
dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang belum tuntas pada mata
pelajaran IPS Terpadu peserta didik kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 7 Metro
Tahun Pelajaran 2014/2015. Sehubungan dengan masa
Tidak tersedia versi lain