Text
pengaruh penggunaan metode cooperative learning tipe student facilitatior and explaining (SFE) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS semester genap SMA Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015
AISI'RAK
Student Faeilitor and Explaining merupakan .jenis pembelajaran koopratif
m di rencanakan untuk mempengaruhi pola intraksi siswa dan sebagai alternatif
minim) slIuktur kelas. Selain itu metode pembelajaran Cooperative Learning tipe
Mr! Facilitator and Explaining (SFE) juga mendorong siswa untuk kerjasama
Inch dalam suatu keiompok dalam memahami materi. Hasil belajar merupakan
panhelajaran yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran
unlit menerima suatu pengetahuan yang diwujudkan dalam bentuk angka-angka atau
lila'. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas X [IS SMA Negeri 3 Metro yang
pmulis lakukan, maka yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: Masih
hmyak siswa yang hasil belajamya belum tuntas pada mata pelajaran ekonomi kelas
X US semester genap SMA Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Bahwa hasil
belajar siswa yang dikategorikan belum tuntas adalah 20 siswa (38%) sedangk
Tidak tersedia versi lain