Text
Pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VII semester genap SMA Ma'arif 5 Metro tahun Pelajaran 2014/2015
ABSTRAK
Kata Kunci : Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT)
dan Hasil Belajar IPS Terpadu
Model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) merupakan
metode pembelajaran yang menekankan pada kerjasama anggota kelompok atau tim
dalam berdiskusi untuk menguasai materi pembelajaran yang diberikan guru, karena
akan membantu peserta didik bekerja lebih baik pada saat game. Selanjutnya
diadakan turnamen dimana dan' masing-masing kelompok diambil 2 peserta didik
atau lebih untuk mewakili kelompoknya dan kemudian memainkan game dengan
anggota kelompoknya (tim) lain untuk mendapatkan skor bagi timnya, sedangkan
untuk tim yang mendapatkan skor tertinggi mendapatkan penghargaan berupa
serti?kat atau hadiah. Hasil belajar adalah sesuatu hasil dari usaha peserta didik
dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dimana peserta didik akan memperoleh suatu
perubahan penguasaan sejumlah pengetahuan (kognitif), sikap (afektij) dan
keterampilan (psikomotor) yang tampak dari tingkah laku peserta didik yang berupa
nilai. Hasil belajar dapat dilihat dari KKM IPS terpadu yaitu Z 70.
Berdasarkan hasil survei yang penulis lakukan yang menjadi masalah dalam
penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang belum tuntas pada mata
pelajaran IPS Terpadu peserta didik kelas VII semester ganjil SMP Ma
Tidak tersedia versi lain