Text
Pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe Example non Example terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X PS semester genap SMA N 2 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi awal nilai Ekonomi di SMA Negeri 2 Metro
kelas X PS (peminatan sosial) masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimum (KKM). Salah satu penyebabnya adalah keaktifan dan
keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih rendah dalam memperoleh
pengetahuan khususnya selama pembelajaran ekonomi, siswa tidak memahami
materi dan kurang mengerti apa yang diajarkan guru. Hasil belajar siswa rendah
dengan persentase 16% yang mencapai ketuntasan belajar dan yang dikategorikan
belum tuntas dengan persentase 84%, sedangkan nilai kriteria ketuntasan
minimum (KKM) kelas X PS (peminatan sosial) SMA Negeri 2 Metro pada
pelajaran ekonomi adalah 76.
Altematif untuk meningkatkan hasil belajar siswa digunakan model
Cooperative Lerning Tipe Example Non example, dengan menggunakan model
Cooperative Lerning Tipe Example Non example ini, siswa diharapkan bisa lebih
aktif dalam proses pembelajaran, karena model pembelajaran ini akan
mempermudah siswa dalam memahami materi dan dapat di padukan dengan
mctode/media pembelajaran sehingga pada akhirnya hasil belajar siswa akan
meningkat.
Kata Kunci : Pengaruh, Model Cooperative Lerning Tipe Example Non
example, dan Hasil Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan
model Cooperative Learning Tipe Example Non Example terhadap Hasil belajar
Ekonomi siswa kelas X PS Semester Genap SMA Negeri 2 Metro Tahun Ajaran
2014/2015. Kegunaan penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan ilmu pengetahuan
dan tambahan wawasan dalam perjalanan penelitian ini.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan desain
eksperimen Quasi Experimental Design. Karena dalam desain ini, peneliti tidak
dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhj jalannya eksperimen.
Dimana terdapat satu kelompok eksperimen yang di pilih secara teknik sampling
porposive yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu, sehingga
didapat kelompok eksperimen pada kelas X PS 4 yang bteumlah 25 siswa.
Kelompok tersebut di beri pre
Tidak tersedia versi lain