Text
Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran tipe NHT (Numbered Head Together) pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2014/2015
ABSTRAK
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan
untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belaja: siswa kelas X IPA 3 SMA
Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2014/2015 yang beljumlah 26 siswa. Data
aktivitas belajar dan hasil belajar diperoleh dengan melihat hasil tes akhir dari
siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan
pembelajaran matematika dengan model NHT, aktivitas belajar dan hasil belajar
siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Metro mengalamai peningkatan. Hal ini
ditunjukan dengan :(1) Persentase rata-rata indikator aktivitas belajar mengalami
peningkatan dari setiap siklusnya, yaitu sebesar 53,06% pada siklus 1 menjadi
82,30% pada siklus 2; (2) Jumlah siswa yang tuntas memenuhi KKM meningkat
dari 15 siswa yang tuntas di siklus 1 menjadi 20 siswa tuntas pada siklus 2.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model NHT
dapat: (1) meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas X IPA 3 SMA
Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2014/2015; (2) meningkatkankan hasil belajar
siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model NHT
Tidak tersedia versi lain