Text
Perbandingan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode problem based learning dan metode make a match siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015
Kata Kunci: hasil belajar, metode problem based learning, metode make a
match.
Belajar bukan hanya transfer ilmu dari guru ke siswa melainkan siswa
menemukan sendiri pengalaman belajamya. Oleh karena itu, guru harus memilih
metode yang tidak hanya menjadikan siswa sebagai pendengar dan penulis, tetapi
hams mengikutsertakan siswa secara aktif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan
hasil belajar matematika antara pembelajaran yang menggunakan metode problem
based learning dan metode make a match?. (2) Manakah yang lebih tinggi hasil
belajar matematika antara pembelajaran yang menggunakan metode problem
based learning dan metode make a match?.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar
matematika antara pembelajaran yang menggunakan metode problem based
learning dan metode make a match. (2) Mengetahui manakah yang lebih tinggi
hasil belajar matematika antara pembelajaran yang menggunakan metode problem
based learning dan metode make a match.
Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Metro pada 20
Februari 2015 dan berakhir pada tanggal 4 Maret 2015. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah perbandingan. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X semester genap SMA Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran
2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ditetapkan 2 kelas dengan
cara cluster sampling. Sehjngga didapatkan sampel yaitu, kelas X6 sebagai kelas
dengan metode problem based learning dan kelas X5 sebagai kelas dengan metode
make a match. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan
teknik tes. Tes diberikan 1 (satu) kali kepada siswa pada akhir penelitian.
Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus hes,
namun terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji keseimbangan, uji
normalitas, dan uji homogenitas. Berdasarkan hasis perhitungan uji hipotesis
perbedaan dua rata-rata (perhitungan pada lampiran 21) terlihat bahwa pada taraf
signi?kansi 5% menunjukan bahwa thit 2.090137 > ttab 2.034515. Hal ini dapat
disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan rata-
rata hasil belajar siswa yang belajar menggunakan metode problem based
learning lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar menggunakan metode make a
match.
Tidak tersedia versi lain