Text
Implementasi model problem Based learning untuk meningkatkan penalaran matematika dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015
ABSTRAK
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan
untuk meningkatkan penalaran matematika dan hasil belajar siswa kelas VIII H
SMP Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2014/2015 yang beljumlah 24 siswa. Data
penalaran matematika dan hasil belajar diperoleh dengan melihat hasil tes akhir
dari siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan
pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning, penalaran dan
hasil belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 4 Metro mengalamai peningkatan.
Hal ini ditunj ukan dengan :(1)P_ersentase rata-rata indikator penalaran matematika
mengalami peningkatan dari setiap siklusnya, yaitu sebesar 55, 21% pada siklus 1
menjadi 73,90% pada siklus 2; (2) Jumlah siswa yang tuntas memenuhi KKM
meningkat dari 14 siswa yang ttmtas di siklus 1 menjadi 16 siswa tuntas pada
siklus 2.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model
problem based learning dapat: (1) meningkatkan penalaran matematika siswa
kelas VIII H SMP Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2014/2015; (2)
meningkatkankan hasil belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 4 Metro tahun
pelajaran 2014/2015.
Kata kunci : Model Problem Based Learning, Penalaran Matematika, Hasil Belajar.
Tidak tersedia versi lain