Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe taling stick terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 1 Way Bungur Tahun Pelajaran 2014/2015
ABSTRAK
. Berdasarkan hasil prasurvei yang dilakukan di SMP Negeri 1 Way
Bungur Tahun Pelajaran 2014/2015 menunjukkan tingkat kebcrhasilan siswa
dalam belajar masih relatif rendah yaitu 26,92% dari 26 siswa yang memenuhi
KKM. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang beltujuan untuk
mengctahui pengaruh model pgmbelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap
pemahaman konsep matematika' siswa. Pembelajaran yang dipilih pada penelitian
ini adalah materi Segiempat dan Segitiga.
Desain penelitian ini adajlah Ramdamise Statisc Grup Comparison Design
Populasi penelitian adalah aeluruh siswa kelas VII. Pengambilan sampel
dilakukan melalui teknik Cluster Random Sampling dan kelas yang dipilih dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas
VIID sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes
tertulis herbentuk uraian, sedangkan hipotesis dalam penelitian ini digunakan uj i t.
Hasil penelitian ini menunjukkan t1.ng > t m. berarti Ho ditolak. Kesimpulannya
adalah model pembel'ajaran Talking Stick berpengaruh terhadap pemahaman
konscp siswa. '
Kata Kunci: Talking Stick dan Pemahaman Konsep.
Tidak tersedia versi lain