Text
Pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matetmatika siswa kelas VII smp N 2 Metro
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetabui apakab ada
perbedaan antara model pembelajaran reciprocal teaching dan model
pembelajaran konvensional terbadap basil belajar matematika siswa kelas VII
SMP Negeri 2 Metro, (2) untuk mengetahui apakab basil belajar matematika siswa
model pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi daripada basil belajar
matematika siswa model pembelajamn konvensional siswa kelas VII SMP Negeri
2 Metro.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran
2014/2015, pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas
VH semester genap, yang dimulai pada tanggal 11 maret 2015 sampai 18 maret
2015. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2
Metro Tabun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sempel yang digunakan
adalah simple random sampling dengan terpilihnya kelas VlI.A sebagai kelas
kontml, dan kelas VII.B sebagai kelas eksperimen kemudian dianalisis dengan
menggunakan uji-t. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
soal tes. Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan
metode eksperimen semu.
Hasil Penelitian diperoleh uji normalitas pada kelas kontrol yaitu Lhmmg =
0,1206, Lab: L(o,05,34, = 0,1519, Lhn < L131, artinya kelas kontrol berasal dari
populasi yang berdistribusi normal. Uji normalitas data pada kelas eksperimen
yaitu Lhmmg = 0,1389, Lam = L(o,05,34) = 0,1519, Lam < Lab artinya kelas ekspen'men
berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji bomogenitas dari kedua kelas
dj dapat Fm! = 1,2345,Fmbd = Fo,os(33,33) = 1,7878, Fhit S Ftabd artinya kedua sampel
berasal dari populasi yang homogen. Hasil perbitungan dengan mengggunakan
uji-t diperoleh thiumg = 3,04 dan tube. = 1,99, t,m >t(,_
Tidak tersedia versi lain