Text
Upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matematika menggunakan strategi problem based learning (PBL) pada siswa kelas VII SMP N.8 Metro tp.2014/2015
Kata Kunci: Strategi Problem Based Learning (PBL), Aktivitas Belajar, Hasil
Belajar
Pendidikan merupakan hal paling penting untuk mempersiapkan
kesuksesan pada zaman globalisasi. Ia menjadi bagian penting sebab dengan
pendidikan manusia mampu mengembangkan cara berpikimya sekaligus
meningkatkan taraf kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk
dapat hjdup dan melangsungkan kehidupan. Berdasarkan hasil pra survey yang
dilakukan di SMP Negeri 8 Metro, diperoleh data siswa kurang aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini terlihat dag. hasil
nilai ulangan semester ganjil kelas VII D Tahun Pelajaran 2014/2015 bahwa
dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 270, dari 25 siswa hanya 6 siswa
yang mencapai KKM atau sebesar 24%. Sat ini telah banyak dikembangkan
slmtegi pembelajaran matematika yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam
membangun pemahaman konsep matematika serta penerapannya dalam kehidupan
schari-hari yaitu menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL).
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar
matematika menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) pada siswa
siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran
2014/2015. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan
strategi Problem Based Learning (PBL) pada siswa siswa kelas VII D SMP
Negeri 8 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri
dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4)
re?eksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 8 metro
Tahun Pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini teridiri dari 2
siklus, data aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi pada
setiap proses pembelajaran siklus I dan siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar
diperoleh melalui hasil tes evaluasi pada setiap akhir siklus.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahWa strategi Problem Based
Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar siswa kelas
VII D SMP Negeri 8 Metro pada materi pokok Persamaan dan Penidaksamaan
Linear Satu Variabel
Tidak tersedia versi lain