Text
Upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran kooperative model student team achievement division (STAD) pad siswa kelas VIII SMP N.3 Batanghari Nuban tp.2014/2015
ABSTRAK
Janis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika
siswa menggunakan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement
Division (STAD) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Nuban Tahun
Pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan
oleh observer untuk mengamati aktivitas belajar siswa dan tes untuk mengukur
lmil belajar matematika siswg Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap
siklus terdiri dari perencanaan, belaksanaan, observasi, dan re?eksi. Setiap siklus
terdiri dari 3 pertemuan, 2 pertemuan untuk membahas materi dan l pertemuan
tes akhir siklus. Kesimpulan setelah melaksanakan penelitian adalah: l.
Pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Nuban.
2. Pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD
dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Batangahari Nuban dengan rata-rata persentase 40,90% pada siklus I menjadi
77,27% pada siklus II, persentase pem'ngkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus
II adalah sebesar 36,37%.
Kata Kunci: model pembelajaran STAD, aktivitas belajar, hasil belajar.
Tidak tersedia versi lain