Text
Perbedaan hasil belajar aritmatika antara pembelajaran menggunakan kontekstual teaching and learning dan metode problem solving pada siswa smp n. 2 metro
ABSTRAK
. Penelitian ini akan menggunakan contextual teaching and learning dan
metode problem solving. Tujuan peneh'tian ini adalah untuk mengetahui perbedaan
Insil belajar aritmatika antara pembelajaran menggunakan contextual teaching and
learning dan metode problem solving. Rancangan penelitian yang digunakan adalah
dcngan menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di SMP
Negeri 2 Metro, pada materi aritmatika sosial kelas VII semester genap Tahun
Pehjamn 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP
W 2 Metro. Teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah cluster random
Wing dcngan tcrpilihnya kelas VII B sebagai kelas eksperimen I (menggunakan
contextual teaching and learning) dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen 2
(menggumakan metode problem solving). Teknik pengumpulan data dalam penelitian
im' menggunakan soal tes, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Badasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-
m hasil belajar aritmatika antara pembelajaran menggunaan contextual teaching and
learning dan metode problem solving. Hasil belajar aritmatika menggunakan
Contextual teaching and learning lebih tinggi dari hasil belajar aritmatika
makm metode problem solving.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Problem Solving, Hasil Belajar.
Tidak tersedia versi lain