Text
Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) disertai LKS terhadap kemampuan kognitif dalam pembelajaran Matematika siswa ke;as X semester genap SMA N 6 Metro TP. 2014/2015
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaxan Problem Based Learning (PBL) disertai LKS terhadap kemampuan
kognitif pada pembelajaran matematika siswa. Rancangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Desain Intact-Group Comparison. Variabel dalam penelitian
ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai LKS
sebagai variabel bebas dan kemampuan kognitif sebagai variabel terikat. Populasi
dalam penelitian inj adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran
2014/2015. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Proses
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Analisis data
menggunakan pengujian hipotesis dua pihak dengan uji- t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa thmg = 3,33 > tmbe1= a = 0,05 dapat disimpulkan bahwa
H 0 ditolak , artinya ada pengaruh positif model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) disertai LKS terhadap kemampuan kognitif siswa.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL) Disertai LKS, Kemampuan Kognitif
Tidak tersedia versi lain