Text
Pengaruh model learning kuistion student have terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 10 Metro TP. 2014/2015
ABSTRAK
Pembelajaxan dengan menggunakan model learning question student have
membuat siswa menjadi lebih aktif dalam bertanya, berdiskusi kelompok, dan
menyampaikan pendapat. Sehingga dengan penerapan model learning question
student have membuat siswa menjadi lebih aktif pada proses pembelajaran serta
bisa menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, dan diharapkan hasil
belajar matematika yang diperoleh bisa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yaitu 2 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
dengan penerapan model learning question student have dapat meningkatkan hasil
belajar matematika pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu
Variabel (PLSV) dan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar dengan
model learning starts with a question. Selain itu, dengan adanya penelitian ini
diharapkan akan meningkatkan mutu pembelajaran matematika dengan berbagai
model yang ada dan akan meningkatkan hasil belajar matematika.
Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 10 Metro Tahun Pelajaran
2014/2015 termasuk jenis penelitian eksperimen semu karena peneliti tidak bisa
mengontrol variabel dari luar. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster
random sampling dan yang terpilih adalah kelas VIIA dan kelas VIIC. Pada
penelitian ini kelas VIIA diberi perlakuan dengan model learning question student
have sekaligus sebagai kelas yang akan diteliti (kelas eksperimen), sedangkan
kelas VIIC dengan model learning starts with a question sebagai kelas kontrol.
Teknjk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan
teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan uji ttes.
Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika
mengalami perbedaan yaitu F model learning question student have sebesar
79,9091 dan Y model learning starts with a question sebesar 66,6 selisih 7
kedua model yaitu 13,3091. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji ttes, dengan tingkat signi?kansi a = 0,05 diperoleh thiumg = 2,9538 dan
tube] = 1,9966, sehingga thiamg > tube. yaitu 2,9538 > 1,9966, dengan demikian H0
ditolak artinya rata-rata hasil belajar matematika yang menggunakan model
learning question student have lebih tinggi dari yang menggunakan model
learning starts with a question
Melihat hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar
matematika yang menggunakan model learning question student have dengan
model learning starts with a question, dan hasil belajar matematika yang
menggunakan model learning question student have lebih tinggi dari pada model
learning starts with a question.
Kata Kunci: model learning question student have, hasil belajar.
Tidak tersedia versi lain