Text
Pengaruh metode problem posing berbasis kooperatif learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII SMPN 2 Metro TP. 2014/2015
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode problem
posing berbasis cooperative learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini
dilakukan di SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015, pada materi sistcm
petsamaan linier dua variabel kelas VIII semester genap, yang dimulai pada tanggal
09 Februari 2015 sampai 19 Februari 2015. Variabel dalam penelitian ini adalah
metode problem posing berbasis cooperative learning sebagai variabel bebas dan
Insil belajar sebagai variabel terikak Penentuan sampel menggunakan simple random
sampling dan didapatkan sampel kelas VIII H bexjumlah 29 siswa sebagai kelas
cksperimen dan kelas VIII G betjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Rancangan
pene?uan yang digunakan adalah menggunakan eksperimen semu bentuk
nonequivalent control group design kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Dari basil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik
dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode problem posing berbasis
cooperative learning terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Metode Problem Posing, Cooperative Learning, Hasil Belajar.
Tidak tersedia versi lain