Text
Perbandingan antara metode pembelajaran problem baseed learning dan preblem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Batanghari TP. 2014/2015
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk: Mengetahui perbedaan metode pembelajaran PBL
danProblem Solving dan mengetahui hasil belajar yang lebih tinggi antara yang
menggtmakan metode PBL danProblem Solving dalam pembelajaran matematika.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Batanghari. Populasi yang digunakan kelas
VIH. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan clauster random sampling.
Sampel yang digunakan kelas VIII.1 dan VIII.2. Jenis penelitian ini adalah
Komparasi. Hasil uji hjpotesis yang menggunakan uji-t pada taraf signi?kasi 5%
diperoleh thitung (2,097) 2 tmbd (2,001), Hoditolak, ini berarti hasil belajar matematika
siswa yang menggunakan metode PBL lebih tinggi daripada metode Problem Solving,
sedangkan pada taraf signi?kasi 5% menunjukkan bahwa thit1mg (2,097) 2 tube. (2,001),
Hoditolakberarti ada perbedaan antara hasil belajar matematika yang menggunakan
metode PBL dan Problem Solving. Hal ini menunjukkan bahawa ada perbedaan
antara hasil belajar matematika yang menggunakan metode PBL dan Problem
Solvingdan hasil belajar matematika yang menggunakan metode PBL lebih tinggi
dibanding metode Problem Solving.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Problem Solving, Hasil Belajar.
Tidak tersedia versi lain