Text
Pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika kelas VII semester genap SMPN 3 Metro TP. 2014/2015
ABSTRAK
Proses pembelajaran yang banyak terjadi sekarang ini guru masih
mendominasi dan guru masih sebagai pusat pembelajaran, akibatnya
perkembanagan siswa pada proses pembelajaran tidak memiliki akses untuk
mengembangkan pola pikirnya, suatu realita dalam kehjdupan sehari-hari yang
masih sering dijumpai yaitu banyak siswa yang belum mengikuti proses
pembelajaran dengan baik. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu:
Apakah ada pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran
2014/2015? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode mind
mapping terhadap hasil belajar matematika kelas VII semester genap SMP Negeri
3 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Dimana
desain ini menggunakan dua kelompok yang akan diteliti yaitu kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Kemudian yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas
VII semester genap SMP Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2014/2015 yang
berjumlah 224 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random
sampling, yang menjadi sampelnya adalah kelas VII B dan Kelas VII C masing-
masing sampel berjurnlah 23 siswa. Kelas VII B menggunakan metode mind
mapping dan kelas VII C menggunakan metode konvensional. Alat pengumpulan
data berupa tes yang berupa soal uraian sebanyak 5 butir soal. Kemudian hasil tes
dianalisis menggunakan rumus Ttes.
Berdasarkan analisis uji hipotesis diperoleh (1) uji kesamamaan dua rata-
rata pada taraf signi?kan 0,05 diperoleh hasil thmmg = 2,0182 dan t,abe,= 2,0000
maka Ho ditolak karena thmg > tmbe, . (2) uji perbedaan dua rata-rata pada taraf
0,05 diperoleh hasil thmmg = 2,0182 dan t,a,,e,= 2,0000 maka Ho ditolak karena
thin
Tidak tersedia versi lain