Text
Pengaruh metode pembelajaran discovery learning dimodifikasi team games turnamen (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 7 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK ' v
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh discovery
learning dimodi?kasi dengan TGT terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 7 Metro
Tahun Pelajaran 2014/2015. Metodologi penelitian dalam menggunakan metode
eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran
2014/2015 pada maten' SPLDV kelas VIII semester genap. Teknik pengambilan
sampel dengan cara cluster random sampling dan terpilihlah kelas VIIIG sebagai
kelas eksperimen dan VIIIE sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan menggunakan tes berupa soal essay sebanyak 5 butir soal dan
kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis diperoleh sebagai
berikut: ada pengaruh positif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan
metode discovery learning dimodi?kasi dengan TGT. Hal ini ditunjukkan dengan
nilai thimng= 2,087 2 ttabel=2,011. Sedangkan uji gain pada kelas eksperimen diperoleh
0,539 yang menunjukkan kriteria sedang. Sehingga metode discovery learning
dimodi?kasi dengan TGT mempunyai pengamh sedang terhadap peningkatan hasil
belajar siswa.
Kata Kunci: Discovery Learning dimodi?kasi dengan Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar
Tidak tersedia versi lain