Text
Pengaruh problem based learningberbantu media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam YPI 1 Braja Salebah TP 2014/2015
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh problem based learning
berbantu media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII
di SMP Islam YPI l Braja Selebah Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian
ini adalah Eksperimen Semu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII.2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
melalui metode tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini
menggunakan dua kali analisis, yaitu uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji
hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Pengujian hipotesis diperoleh
thimng = 3,46269 dan tmbeKmanzgj = 1,998 hal menunjukan bahwa thit 2 tube]
dengan demikian Ho ditolak. artinya penggunaan model pembelajaran problem
based learning berbantu media pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar
matematika siswa kelas VII SMP Islam YPI 1 Braja Selebah Tahun Pelajaran
2014/2015. Kesimpulan setelah melaksanakan penelitian ini adalah penggunaan
model pembelajaran problem based learning berbantu media pembelajaran dapat
mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam YPI 1 Braja
Selebah Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Problem Based Learning berbantu Media Pembelajaran, Hasil Belajar.
Tidak tersedia versi lain