Text
Pengaruh metode discovery terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP N 6 Metro TP 2014/2015
Kata Kunci: Metode Discovery, Kemampuan Kognitif
Pembelajaran di SMP Negeri 6 Metro sudah baik, namun proses
pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru. Kemampuan kognitif
merupakan kemampuan mental yang berhubungan dengan pemahaman dan
pemecahan masalah. Banyak yang beranggapan bahwa matematika adalah
pelaj aran yang sulit untuk di pahami. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu adanya
alternatif metode pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan kognitif
siswadan memben'kan kesempatan pada siswa untuk aktif dalam menemukan
konsep dengan menggunakan metode discovery. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh metode discovery terhadap kemampuan kognitif
siswa pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 6 Metro Tahun
Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Adapun rancangan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Randomise Static Group
Comparison Design. Variabel dalam penelitian ini adalah metode discovery
sebagai variabel bebas dan kemampuan kognitif sebagai variabel terikat. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran
2014/2015 yang betjumlah 233. Penentuan sampel penelitian menggunakan
cluster random sampling dan didapatkan sampel kelas VIII.2 beljumlah 29 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 betjumlah 29 siswa sebagai kelas
kontrol. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi
dan tes. Analisis data menggunakan pengujian hipotesis dua pihak dengan
formulasi uji- t.
Perhjtungan statistik rata
Tidak tersedia versi lain