Text
Pengaruh metode problem solving disertai media pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMP N 2 Sukadana TP 2014/2015
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode problem
solving disertai media pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika
siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukadana Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh
kclas V113 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. A131
pengumpul data berupa tes uraian yang terdiri dari 4 butir soal, observasi,
dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus Ttes diperoleh untuk
uji perbedaan dua rata-rata thmmg= 4,289, tm1= 1,993 pada taraf signi?kansi 5%,
dengan demikian, thitung > tame. yang artinya rata-rata pemahaman konsep peserta
didik kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata pemahaman konsep kelas
kontrol. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah dilakukan
pembelajaran dianalisis menggunakan uji gain yaitu kelas eksperimen dieroleh
rata-rata N-Gaz'n 0,421 pada rentang 0,70 2(< G >) 2 0,30 yaitu gain
Tidak tersedia versi lain