Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis masdalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa SMP N 2 Marga Tiga TP 2014/2015
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis masalah terhadap kemampuan
pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Margatiga Jenis penelitian ini adalah Ekspetimen Semu. Penentuan sampel
menggunakan Cluster Random Sampling dan terpilih adalah kelas VIII.2 sebagai
kelas eksperimen dan VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
melalui metode tes. Pengujian hipotesis untuk kemampuan pemecahan masalah
diperoleh thit = 8,705 2 tmbel = 1,990 dengan demikian Ho ditolak, sehingga
disimpulkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe NHT
berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 2
Margatiga. Dan thiumg = 7,949 2 ttabel = 1,990 dengan demikian Ho ditolak,
sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran kooperatif
tipe NHT berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Margatiga.
Kata Kunci: NHT Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar.
Tidak tersedia versi lain