Text
Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar melalui model PBL pada siswa SMP N 7 Metro TP. 2014/2015
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas adalah peneltian yang dilakukan oleh guru
didalam kelasnya sendiri melalui re?eksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki
kinetjanya sebagaj guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkalkan kemampuan
pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa kelas VILB SMP Negeri 7
Metro setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning
(PBL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VILB SMP Negeri 7 Metro Tahun
Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 26 siswa. Data kemampuan pemecahan
masalah dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akth siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran
matematika dengan problem based learning, kemampuan pemecahan masalah dan
hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 7 Metro mengalami
peningkatan yang tergolong dalam kaxegori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan:
(1) Persentase rata
Tidak tersedia versi lain