Text
Pengaruh lembar kerja siswa bentuk komik terhadap hasil belajar siswa SMP N 6 Metro TP. 2014/2015
ABSTRAK
Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan lembaran-lembaran yang berisi
materi singkat dan latihan-latihan soal untuk mencapai tujuan pembelajaran. Komik
merupakan suatu cerita bergambar. Pengertian komik dalam penelitian ini adalah
sebuah media pembelajaran yang berupa lembaran-lembaran bergambar yang
memiliki alur cerita yang dapat menyampaikan isi dari materi pembelajaran kepada
siswa, yang memiliki bahasa berbeda dengan buku pelajaran lainya.
LKS yang digunakan dalam penelitian ini didesain dalam bentuk komik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh LKS bentuk komik
terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015,
pada materi aritmatika sosial kelas VII semester genap, yang dimulai pada tanggal 20
Januari 2015 sampai 28 Januari 2015. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh
siswa kelas VII SMP Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik
pengambilan sempel yang digunakan adalah simple random sampling dengan
terpilihnya kelas VII.4 sebagai kelas Kontrol, dan kelas VII.5 sebagai kelas
eksperimen kemudian dianalisis dengan menggunakan uji.t. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan soal tes. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah dengan menggunakan metode eksperimen semu.
Hasil Penelitian diperoleh uji normalitas pada kelas kontrol yaitu Lhimng =
0,09313, Lmb= L(o,05,32) = 0,1542, Lhit< Lab artinya kelas kontrol berasal dari populasi
yang berdistribusi normal. Uji normalitas data pada kelas eksperimen yaitu Lhiumg =
0,14645, Lmb = L(o,05,33) = 0,1518, Lhit < Lmb artinya kelas eksperimen berasal dari
populasi yang berdistribusi normal. Uji homogenitas dari kedua kelas di dapat Fhit =
1,286646, Fmbel = F0,05(31,32) = 1,793429, FM 5 Fmbel artinya kedua sampel berasal dari
populasi yang homogen. Hasil perhitungan dengan mengggunakan uji-t di peroleh
thitung = 2,25 dan tmbel = 1,67, rm, >t(1_al("l+n2_2) Artinya terdapat perbedaan hasil
belajar yang menggunakan LKS bentuk komik dengan LKS biasa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulankan bahwa: (1) Ada pengaruh
yang lebih baik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan LKS bentuk
komik. (2) Hasil belajar yang menggunakan LKS bentuk komik meningkat signi?kan
dari 3,03% hingga 81,81%.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bentuk Komik, Hasil Belajar
Tidak tersedia versi lain