Text
Pengembangan media pembelajaran visual berupa permainan edukasi ular tangga pada materi kalor dan perpindahannyauntuk siswa kelas VII
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran visual berupa permainan edukasi ular tangga pada materi kalor dan perpindahannya. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural menurut Sugiyono (potensi dan masalah, melakukan pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk). Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yakni uji ahli dan uji kelompok kecil. Uji coba kelompok kecil dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tumijajar pada kelas VII C. Penilaian ahli pada aspek perangkat media, komunikasi visual, dan desain pembelajaran menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran ini terletak pada kriteria sangat layak, yakni dengan persentase rata-rata 87,82%. Hasil angket respon siswa (respon positif dan negatif) terhadap media sebesar 90,78% dan untuk angket respon guru sebesar 89,56%. Jadi, secara keseluruhan media pembelajaran visual berupa permainan edukasi ular tangga hasil pengembangan ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Tidak tersedia versi lain