Text
Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP 1 Sekampung semester genap tahun pelajaran 2013/2014
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Sekampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 meialui penerapan metode Inkuiri Terbimbing. Dan analisis dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VIII) SMP Negeri 1 Sekampung pada pokok bahasan Tekanan yaitu pada siklus 1 keterampilan proses sains dengan rata-rata 2 dengan kriteria cukup terampil, kemudian pada siklus 2 mla-rata keterampilan proses sains sebesar 2,5 dengan kriteria terampil. Dengan rata-rata persentase ketercapaian keterrmpilan proses sains siswa pada siklus I sebesar 67,06% dengan kriteria cukup terampil dan pada siklus II sebesar 84,14% dengan kriteria terampil, dan besar peningkatan adalah 17,11%. Saat pelaksanaan penelitian semua aspek/indikaor keterampilan proses sains telah dilakukan oleh siswa yaitu keterampilan mengobservasi, keterampilan mengklasifikasikan, keterampilan berkomunikasi, keterampilan mengukur, keterampilan memprediksi dan keterampilan menyimpulkan. Dengan demikian dapat disarankan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan Tekanan gunakanlah metode Inkuiri Terbimbing.
Tidak tersedia versi lain