Text
Analisis kemampuan metakognitif ditinjau dari kebiasaan belajar fisika siswa kelas XI SMKN 3 Metro TP. 2014-2015
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif dan kebiasaan belajar siswa, serta mengungkap kaitan antara kemampuan metakognitif terhadap kebiasaan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, subjek penelitian adalah siswa kelas XI. Semua data diperoleh melalui unjuk kerja dan angket untuk kemampuan metakognitif, serta untuk kebiasaan belajar diperoleh data melalui angket, observasi, dan wawancara. Metode pengolahan datanya adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif (korelasi). Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) siswa kelas XI SMK Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015 memiliki hasil rata-rata kemampuan metakognitif sebesar 78% dengan kriteria sedang, kemampuan merencanakan 76%, kemampuan memonitor 80%, dan kemampuan mengevaluasi siswa sebesar 77%. (2) hasil rata-rata kebiasaan sebesar 74% dengan kriteria cukup. (3) siswa yang memiliki kebiasaan belajar baik akan menstimulus kemampuan metakognitif tinggi, dan memiliki hubungan yang sangat kuat yaitu sebesar r=0,95. Saran, agar guru memperhatikan kebiasaan belajar siswa sehingga kemampuan metakognitif siswa dapat diwujudkan dan dfltembangkan dalam proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain