Text
Remediasi Mis Konsepsi Siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipa jig saw berbantuan LKS kelas VII SMP Negeri 2 Batanghari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui remediasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan LKS dapat mengurangi miskonsepsi siswa dan efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan LKS sebagai remediasi untuk mengurangi miskonsepsi siswa pada materi kalor dan perpindahannya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VU-4 yang diambil secara random. Rancangan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik berupa pilihan ganda beralasan. Berdasarkan jawaban tes tersebut kemudian dikelompokkan mikonsepsi siswa berdasarkan jenis-jenis miskonsepsi. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat mengurangi miskonsepsi siswa rata-rata sebesar 59 J7% pada tiap jenis miskonsepsi. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan LKS efektif untuk meremediasi miskonsepsi siswa pada konsep kalor dan perpindahannya dengan effect size Es=l ,7 (Kategori tinggi).
Tidak tersedia versi lain