Text
Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) berbasis leason study terhadap aktivitas belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batanghari TP. 2014-2015
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Lesson Study terhadap aktivitas belajar fisika siswa dan untuk mengetahui aspek yang mempengaruhi peningkatan aktivitas belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Batanghari. Pembelajaran STAD berbasis lesson study merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif/pembelajaran secara kelompok dimana guru masih berperan menyampaikan materi dan selanjutnya siswa dituntut belajar bekerja sama dalam kelompoknya untuk mengembangkan kemampuannya dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negri 2 Batanghari pada siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2014/2015, pada tanggal 16 Februari - 04 Maret 2015. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan Pretest-Posttest Nonequivalent-Group. Penelitian dilakukan pada dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran STAD berbasis Lesson Study berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada taraf signifikansi 5% diperoleh thu > tdaf Jfcau 2,12 > 1,67 yang berarti bahwa ada pengaruh positif pembelajaran STAD berbasis Lesson Study terhadap aktivitas belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain