Text
Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika kelas XI SMK KP Gajah Mada 1 Metro TP. 2014-2015
Abstrak
Peneiitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Sampel diambil dengan teknik classter random sampling kelas XI Otomotif 3 dan kelas XI Otomotif 6, menggunakan design two-group-test-only design. Instrumen penilaian berupa lembar observasi dan test. Analisis data berupa analisis data kuantitatif menggunakan uji t-test dan analisis data kualitatif menggunakan reduksi data. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan
Faktor-faktor penyebab model pembelajaran berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika siswa adalah (1) keterlibatan siswa tinggi dalam proses pembelajaran, (2) LKK berisi panduan dan materi sebagai referensi bagi siswa. (3) eksperimen sederhana sebagai alat bantu dalam pemecahan masalah, (4) pennasalahn diperagakan dalam bentuk nyata.
Tidak tersedia versi lain