Text
Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA siswa kelas VII SMP PGRI 1 Batanghari TP. 2014-2015
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa,dan faktor-faktor yang menyebabkan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII1 dan kelas VII3 yang diambil secara random. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group test only design, dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data kuantitatif berupa uji t-tes dan teknis analisis data kualitatif menggunakan reduksi data. Berdasarkan hasil analisis rnaka dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini terlihat dari pengujian hipotesis yang diperoleh nilai tobs lebih besar dari pada nilai ttab- Faktor-faktor yang menyebabkan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa diantaranya yaitu, (a) Antusiasme siswa dalam mengamati gambar. (b) Kerjasama siswa dalam kelompok. dan (c) Adanya kesempatan siswa untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok.
Tidak tersedia versi lain