Text
Pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari minat belajar peserta didik kelas XI IPA MA Maarif NU 5 Sekampung Lampung Timur TA. 2014-2015
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik, pengaruh interaksi antara metode problem solving dengan minat belajar peserta didik dan untuk mengetahui pengaruh problem solving terhadap hasil belajar fisika peserta didik yang mempunyai minat tinggi dan rendah. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IP A yang berjumlah 65 peserta didik. Minat belajar diperoleh dari angket yang diberikan sebelum proses pembelajaran, dan kompetensi kognitif peserta didik diperoieh dari tes hasil belajar berupa soal yang diberikan setelah proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar fisika, (2) terdapat pengaruh minat beiajar peserta didik terhadap hasil belajar fisika, keduanya ditunjukkan dengan nilai signifikansi yang kurang dari 0,05, (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara metode problem solving dengan minat belajar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi yang lebih dari 0,05. (4) terdapat pengaruh penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar fisika yang memunyai minat yang tinggi. (5) Terdapat pengaruh penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar fisika yang memunyai minat yang rendah.
Tidak tersedia versi lain