Text
Pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas VII SMP Negeri 9 Metro TP. 2013-2014
Abstrak
Tujiian penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian pengaruh tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki siswa terhadap hasil belajar kognitif yang diperoleh siswa. Kemudian untuk mengetahui pengaruh tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki siswa terhadap hasil belajar kognitif yang diperoleh siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Metro yang berjumlali va dan diambil dengan ieknik cluster random sampling. Hasil belajar diperoleh melalui ies, dan kecerdasan emosional diukur dengan menggunakan angket. Metode pengolahan datanya kualitatif dan kuantitatif (korelasi). Kesnnpul&n: (1) Terdapat kesesuaian pengaruh tingkat kecerdasan emosional yang daniliki oleh siswa terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VII SMP . geri 9 Metro. (2) Terdapat pegaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sswa SMP Negeri 9 Metro. Hal ini dapat diketahui dari perhitungan uji regresi tinier sederhana. Sehingga kecerdasan emosional mempengaruhi hasil belajar siswa. dengan besar pengaruhnya adalah 71%. Guru hendaknya dapat nwnperhatikan aspek kecerdasan emosional guna menunjang hasil belajar. Selain ini siswa hendaknya meningkatkan kemampuan mengelola emosi yang dimilikinya.
Tidak tersedia versi lain