Text
Pengembangan media pembelajaran reflika sel hewan dan sel tumbuhan
ABSTRAK
Kata Kunci: Media pembelajaran, replika sel hewan dan sel tumbuhan.
Media pembelaj aran merupakan salah satu faktor yang penting dalam kegiatan
pembelajaran. Adanya media dalam kegiatan pembelajaran dapat mempermudah
penyampaian suatu informasi dari guru ke siswa. Guru yang menguasai materi
pembelajaran namun tidak dapat menghadirkan suatu media pembelajaran, maka
proses penyampaian informasi dari guru ke siswa akan mengalami hambatan dalam
kegiatan pembelajaran, serta menjadi kurang menarik karena kegiatan pembelajaran
hanya terjadi satu arah dan tidak interaktif. Kegiatan pembelajaran di SMP N 2
Margatiga pada kosep sel belum memiliki media pembelajaran. Media pembelajaran
replika sel hewan dan sel tumbuhan diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah
tersebut.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menghasilkan media pembelajaran dan
mengetahui kelayakan dari media yang dikembangkan. Media yang dikembangkan
berupa replika sel hewan dan sel tumbuhan pada materi organisasi kehidupan untuk
siswa kelas VII. Kelayakan dari media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat
diketahui melalui uji validasi oleh para ahli.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D menurut Thiagaraj an,
Semmel, dan Semmel, yaitu define (pende?nisian), desing (perancangan), develop
(pengembangan) dan desseminate (penyebaran). Validasi media dilakukan oleh ahli
yang meliputi ahli materi pembelajaran, media pembelajaran, guru biologi dan uji
respon siswa.
Hasil analisis data validasi media pembelajaran diperoleh 87,5% untuk
kesesuain konsep sel hewan dengan media replika sel hewan dan 92,5% untuk
kesesuaian konsep sel tumbuhan dengan media replika sel tumbuhan atau pada
kriteria sangat kuat. Desain media pembelajaran diperoleh 82,5% untuk media replika
sel hewan dan 84,2% untuk sel tumbuhan atau pada kriteria sangat kuat, sedangkan
hasil analisis data guru Biologi di peroleh 83% untuk sel hewan dan 86,15% untuk
sel tumbuhan atau pada kriteria sangat kuat. Hasil analisis data dari respon siswa
diperoleh 80% untuk media replika sel hewan dan 79,75% untuk media replika sel
tumbuhan atau berada pada kriteria kuat. Berdasarkan hasil analaisis data maka media
replika sel hewan dan sel tumbuhan hasil pengembangan layak untuk digunakan
sebagai media pembelajaran pada materi organisasi kehidupan untuk kelas VII.
Tidak tersedia versi lain