Text
Upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar biologi melalui media video dengan pendekatan inkuiry terbimbing pada siswa kelas X E SMA Negeri 1 Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2012-2013
ABSTRAK
g Sukmiwati, Ami. 2013.Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologz'
melalui Media Video dengan Pendekatan Inkuiri T erbimbing pada Siswa
' Kelas X E SAIA Negeri 1 Seputih Mataram T ahun Pelqjaran 2012/2013.
Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP
Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Dr. Handoko Santoso,
M.Pd., (II) Dr. Muhfahroyin, S.Pd., M.TA. '
Kata Kunci: aktivitas belajar, pendekatan inkuiri terbimbing, dan hasil belajar.
Pendidikan merupakan masalah penting bagi setiap manusia, karena
pendidikan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa. Semua pelaku yang terlibat dalam
pendidikan, selalu berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan
tercermin pada hasil belajar anak didik yang dapat dilihat atau digambarkan dengan
nilai yang diperoleh di sekolah. Di SMA Negeri 1 Seputih Mataram pendekatan
pembelajaran terhadap siswa masih belum terfokus, artinya pendekatan pembelajaran
dengan cara belajar kelompok belum digunakan sebagai dasar dalam melaksanakan
tahap-tahap pembelajaran. Penyampaian materi pembelajaran yang digunakan di
SMA Negeri 1 Seputih Mataram masih mengarah pada pendekatan deduktif.
Sehingga penyampaian materi pembelajaran oleh guru cenderung lebih banyak
menggunakan metode ceramah.
Tujuan yang diharapkan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah: ( 1) Untuk
meningkatkan aktivitas belajar biologi melalui pembelajaran inkuirz' terbimbing
dengan media video (2) Untuk meningkatkan hasil belajar biologi melalui
pembelaj aran inkuirz' terbimbing dengan media video.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seputih Mataram, dengan siswa
Kelas XE, menggunakan Pendek
Tidak tersedia versi lain