Text
Pengembangan perangkat pembelajaran dengan modal kooperatif learning tipe thing fair share (TPS) pada materi fungsi di SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo
Abstrak :
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model
pengembangan Research and Development (R&D). Peneliti memilih model
pengembangan Research and Development (R&D) ini disebabkan karena pada
akhirnya penelitian pengembangan ini akan menghasilkan suatu produk
pengembangan yang berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Model
Cooperative Learning T ipe Think Pair Share (TPS). Hasil penelitian ini merupakan
pengembangan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) ke-l hasil validasi ahli dengan rata-rata skor total 3,03 masuk
dalam kategori baik, hasil penilaian RPP dari 3 guru mata pelajaran dengan rata-rata
skor total 3,54 masuk dalam kategori sangat baik. Perangkat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) ke-Z hasil validasi ahli dengan rata-rata skor total 3,07 masuk
dalam kategori baik, hasil penilaian RPP dari 3 guru mata pelajaran dengan rata-rata
skor total 3,54 masuk dalam kaIegori sangat baik. Perangkat Lembar Kegiatan Siswa
(LKS) ke-l hasil validasi dengan rata-rata skor total 2,96 masuk dalam kategori baik,
hasil penilaian LKS dari 3 guru mata pelajaran dengan rata-rata skor 3,70 masuk
dalam kategori sangat baik. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) ke
Tidak tersedia versi lain