Text
Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan menggunakan metode problem solving di SMP Muhammadiyah 1 Purbolinggo kelas VII TP 2013/2014
ABSTRAK
Sutriani, Nika. 2014. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi
dengan Menggunakan Metode Problem Solving di SMP Muhammadiyah 1
Purbolinggo Kelas V11 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan
Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas
Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dr. Hening Widowati, M.Si., (11)
Dr. H. Agus Sujarwanta, M.Pd.
Guru memegang peranan yang sangat penting dalam pendidikan dan
pengajaran di sekolah. Pembelajaran biologi di kelas ditemukan permasalahan yaitu
pada saat mengerjakan soal latihan masih terdapat siswa yang melihat hasil jawaban
dari teman, tidak ada siswa yang bertanya pada saat pembelajaran, hanya sebagian
siswa yang menjawab pertanyaan. Hal ini menyebabkan aktivitas belajar siswa
mennmn sehingga hasil helajar yang diperoleh rendah.
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut dengan menerapkan
metode problem solving. Metode ini memberikan kesempatan siswa untuk belajar
dengan teman sebaya dan saling bertukar informasi maten
Tidak tersedia versi lain