Text
Hubungan antara kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling dengan pelaksanaan layanan bimbingan konseling di SMA Negeri se kota Metro
ABSTRAK
Kurniawati, Rina. 2014. Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru
Bimbingan dan Konseling dengan Pelaksanaan Layanan Bimbingan
dan Konseling di SMA Negeri se-Kota Metro. Skripsi Jurusan Ilmu
Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP
Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H.
Marzuki Noor, M.s ,(II) Dra. Hj. Nurul Atieka, M.Pd
Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling dengan
Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana kompetensi
profesional guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri se-Kota Metro?
2)Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri se-
Kota Metro? 3)Apakah ada hubungan antara kompetensi profesonal guru
bimbingan dan konseling dengan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling
di SMA Negeri se-Kota Metro? Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk mengetahui
bagaimana kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri
se-Kota Metro, 2)untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan
dan konseling di SMA Negeri se-Kota Metro, 3)untuk mengetahui hubungan
antara kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling dengan pelaksanaan
layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri se-Kota Metro.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian inj adalah pendekatan
kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh guru bimbingan dan konseling yang ada di SMA Negeri se-Kota
Metro dan berjumlah 17 guru bimbingan dan konseling dengan sempel total .
Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data megunakan rumus
Product Moment. Dengan hasil yang diperoleh 0,57 dengan taraf signi?kan 5% =
0,514.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1)kompetensi profesional guru
bimbingan dan konseling berada dalam katagori tinggi, hal ini menunjukkan
bahwa kompetensi guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri se-Kota Metro
baik, Ha diterima, 2)pe1aksanaan layanan bimbingan dan konseling berada dalam
katagori tinggi, hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan
konseling di SMA Negeri se-Kota Metro baik, Ha ditolak, 3) Antara kompetensi
profesional guru bimbingan dan konseling dengan pelaksanaan layanan
bimbingan dan konseling menunjukkan nilai koe?sien yang positif sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan antara kompetensi profesional guru bimbingan
dan konseling dengan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.
Tidak tersedia versi lain