Text
Hubungan antara kebijakan sekolah dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling SMA Negeri se Kota Metro
ABSTRAK
Dwipayani, Nengah. 2014. Hubungan Antara Kebijakan Sekolah dengan
Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling SAM Negeri
' se-Kota Metro. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi
Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah
Metro. Pembimbing: (D Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd. ,(II) Tri
Anjar, M.Pd.,Kons,
Kata Kunci: Kebijakan Sekolah, Pelaksanaan Program Bimbingan dan
Konseling.
Penelitian ini difokuskan pada hubungan antara kebijakan sekolah
dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMA Negeri se-
Kota Metro. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Adakah hubungan
antara kebijakan sekolah dengan pelaksanaan program bimbingan dan
konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
kebijakan sekolah dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif-korelasional. Populasinya seluruh guru bimbingan dan konseling
yang ada di SMA Negeri se-Kota Metro yang berjumlah 17 guru bimbingan
dan konseling, sekaligus dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan
teknik sempling jenuh. Alat yang digunakan untuk mengukur kebijakan
sekolah dan pelaksanaan program BK menggunakan instrumen (angket)
tertutup dengan model skala likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan rumus Product Moment pada taraf signi?kan 5%.
Uji validitas dengan menggunakan validitas isi (content validity). Diketahui
reliabilitas kebijakan sekolah sebesar 0,996 dan reliabilitas pelaksanaan
program BK sebesar 0,998 pada taraf signi?kansi 5%. Setelah dilakukan
perhitungan analisis data penelitian n.ng sebesar 0,715 dan rum; dengan n-2
= 17-2= 15 dalam taraf signi?kan 5% yaitu sebesar 0,514 maka rhimng > rtabel
atau 0,715 > 0,514 dan nilai koe?sien yang positif menunjukkan bahwa
hubungan antara kebijakan sekolah dengan pelaksanaan program bimbingan
dan konseling searah atau signi?kan yang berarti hipotesis diterima. Jadi
dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kebijakan sekolah dengan
pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMA Negeri se-Kota
Metro. Hal ini berarti semakin kebijakan sekolah mendukung pelaksanaan
' program bimbingan dan konseling, maka pelaksanaan program bimbingan
dan konseling semakin baik.
Tidak tersedia versi lain