Text
Upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi masalah moral siswa kelas XI jurusan kimia industri di SMK Negeri 2 Metro
ABSTRAK
ERLIANA, LIA. 2014. Upaya guru bimbingan clan konseling dalam mengatasi
. masalah moral siswa kelas XI jurusan kimia industry di SMK Negeri 2
Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Program Studl Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah
Metro. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd. Pembimbing (II) Dra. Hj. Nurul Atieka, M.Pd.
Kata Kunci: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, moral siswa.
Penelltian ini difokuskan pada upaya guru blmbingan dan konseling dalam
mengatasi masalah moral siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain; 1)
Bagaimana kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam menemukan penyebab
masalah moral siswa, 2) Bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling mengatasi
masalah moral siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kegiatan yang
dilakukan oleh guru bimb'mgan dan konseling dalam menemukan penyebab masalah
moral dan untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling mengatasi
masalah moral siswa. -
Desain penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subyek dalam
penelitian ini terdiri dari tiga orang guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini
dilakukan di SMK Negeri 2 Metro Tengah semester ganjil tahun pelajaran
2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi sebagai
alat dalam pengumpulkan data. Analisis dalam penelitian ini dengan cara reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesirnpulan. Pengujian keabsahan temuan yang
diperoleh pada penelitian ini dengan cara perpajangan pengamatan, meningkatkan
ketekunan dan triangulasi sumber. I
Kesimpulan pada penelitian ini adalah kegiatan guru bimbingan dan konseling
dalam menemukan penyebab masalah moral siswa dengan menggunakan instrument
berupa pedomn wawancara langsung, wawancara ridak langsung, dan kunjungan
rumah. Dan upaya guru bimbingan dan konseling mengatasi masalah moral siswa
sudah balk dengan memanfaatkan salah satu layanan dalam BK yaitu layanan
konseling individu, memberlkan kesempatan kepada siswa, membuat surat izin
masuk kelas, pemberian sangsi atau hukuman yang seharusnya tidak dilakukan oleh
guru BK karena tidak sesuai dengan aturan dalam BK dan panggilan wali murid.
Saran agar masalah moral dapat diketahui guru BK harus mempunyai cara, kiat-kiat
maupun alternativ lain dalam menemukan penyebab seperti memanfaatkan assesment
berupa angket AUM, dan autobiogra?, guru BK harus memanfaatkan layanan-
layanan lain maupun non layanan seperti pemberian keteladan, dan sekolah perlu
melakukan evaluasi dan supervise terhadap pelaksanaan layanan BK disekolah.
Tidak tersedia versi lain