Text
Pengaruh sikap, minat, motivasi dan gelar akuntan terhadap keputusan menempuh pendidikan profesi akuntan (PPAk) (studi empiris pada mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Metro)
ABSTRAK
Eri Apriani, NPM. 11630024, Pengaruh Sikap, Minat, Motivasi, Dan Gelar
Akuntan Terhadap Keputusan Menempuh Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK)
(Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Metro.
Pembimbing (I) Suyanto, S.E., Msi., Akt., CA., dan Pembimbing (ll) H. Jawoto
Nusantoro, S.E., M.Si..
Pendidikan profesi akuntansi diharapkan mampu menjawab kebutuhan
akan pentingnya sumber daya manusia yang profesional dan kompeten di bidang
Akuntansi. Mengigat persyaratan mengikuti pendidikan profesi akuntansi adalah
sarjana S-I Akuntansi, atau lulusan D-IV Jurusan Akuntansi, maka perlu adanya
sikap, minat, dan motivasi dari mahasiswa akuntansi untuk menempuh
pendidikan profesi akuntansi. Dengan adanya sikap, minat, dan motivasi,
diharapkan tumbuhnya keinginan mahasiswa akuntansi untuk menempuh
pendidikan profesi akuntansi, yang pada gilirannya akan melahirkan akuntan
publik yang profesional. Keputusan mahasiswa akuntansi untuk menempuh
pendidikan profesi akuntansi, tidak terlepas dari berbagai faktor, baik faktor dari
diri mahasiswa (internal), maupun faktor dari luar (eksternal). Faktor internal di
antaranya adalah sikap, minat, dan motivasi. Sedangkan faktor dari luar yaitu
gelar akuntan.
Tujuan penelitianini adalah pertama, memberikan bukti empiris pengaruh
sikap terhadap keputusan menempuh pendidikan profeesi akuntansi (PPAk),
kedua memberikan bukti empiris Pengaruh Minat terhadap keputusan
menempuh pendidikan profesi akuntasni (PPAk), ketiga memberikan bukti
empiris pengaruh motiasi terhadap keputusan menempuh pendidikan profesi
akuntasni (PPAk), kempat memberikan bukti empiris pengaruh gelar akuntan
terhadap keputusan menempuh pendidikan profesi akuntasni (PPAK).
Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Metro. Sampel
yang dipilih sebanyak 40 responden. Model analisis yang digunakan untuk
menguji hipotesis adalah regresi linier berganda, analisis ini didasarkan pada
data jawaban 40 responden terhadap kuesioner yang diajukan. Data dalam
penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner
secara Iangsung kepada seluruh mahasiswa semester Vlll Jurusan Akuntansi
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Sikap (X1) berpengaruh
signi?kan terhadap keputuan mahasiswa akuntasi menempuh Pendidikan Profesi
Akuntasni (PPAk), yang ditunjukkan dari nilai signi?kan sebesar 0,03, 2). Minat
(X2) berpengaruh signifikan terhadap keputuan mahasiswa akuntasi menempuh
Pendidikan Profesi Akuntasni (PPAk), yang ditunjukkan dari nilai signi?kan
sebesar 0,01. 3), Motivasi (X3) berpengaruh signi?kan terhadap keputuan
mahasiswa akuntasi menempuh Pendidikan Profesi Akuntasni (PPAk), yang
ditunjukkan dari nilai signi?kan sebesar 0,03. 4). Gelar Akuntan (X4) tidak
berpengaruh signi?kan terhadap keputuan mahasiswa akuntasi menempuh
Pendidikan Profesi Akuntasni (PPAk), yang ditunjukkan dari nilai signi?kan
sebesar 0,62.
Kata Kunci: Sikap, Minat, Motivasi, Gelar Akuntan, Pendidikan Profesi Akutansi
Tidak tersedia versi lain