Text
Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CO-OP CO-OP SMP Negeri 1 Pekalongan TP 2014/2015
ABSTRAK
Husnuzzon, Albiana. 2015. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CO-OP CO-OP SMPN 1 Pekalongan T.P 2014/2015. Skripsi Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Dr. Agus Sutanto, M.Si. (2) Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd.
Kata Kunci: Kooperatif tipe CO-OP CO-OP, Aktivitas, Hasil Belajar
Hasil belajar siswa kelas VII.3 SMPN 1 Pekalongan T.P 2014/2015 berdasarkan hasil pra survei masih banyak yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) senilai >75 hasil belajar siswa rendah dengan persentase ketuntasan belajar 23,33%. Dalam proses pembelajaran siswa tidak terbiasa untuk bekerja sama. Salah satu alternatif pembelajaran adalah dengan menggunakan model kooperatif tipe CO-OP CO-OP. Pembelajaran tipe CO-OP CO-OP merupakan suatu metode pembelajaran yang menekankan kerjasama. Siswa memahami sub materi yang telah dibagikan oleh guru, dan mengajarkan siswa bertanggung jawab menguasai sub materi yang telah didapat pada masing-masing siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa setelah mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe CO-OP CO-OP pada siswa kelas VII.3 semester genap SMPN 1 Pekalongan T.P 2014/2015, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa setelah mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe CO-OP CO-OP pada siswa kelas VII.3 semester genap SMPN 1 Pekalongan T.P 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan rancangan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 semester genap SMPN 1 Pekalongan T.P 2014/2015, yang berjumlah 30 siswa. Data aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi pada setiap proses pembelajaran siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran dengan menerapkan metode kooperatif tipe CO-OP CO-OP dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika kelas VII.3 SMPN 1 Pekalongan pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 46,9% dan pada siklus II sebesar 71,32%. Saat pelaksanaan penelitian semua aspek aktivitas telah dilaksanakan oleh siswa . memperhatikan penjelasan guru, aktif berdiskusi, aktif mengerjakan tugas, dan aktif bertanya dari presentasi di depan kelas. 2) Pembelajaran dengan menerapkan metode ' kooperatif tipe CO-OP CO-OP dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII.3 SMPN 1 Pekalongan pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Pada siklus I sebesar 46,6% dan pada siklus II menjadi 86,6%.
Tidak tersedia versi lain