Text
Perbandingan model pemblajaran team games turnamen (TGT) dengan problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Batanghari
ABSTRAK
Ratna, Bandari Septi. 2015. Perbandingan Model Pembelajaran Team Games Turnamen (TGT) dengan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah tyletro. Pembimbing: (1) Dr. Agus Sutanto, M.Si (2) Drs. H. Jazim Ahmad, M. Pd.
Kata Kunci: Team Games Turnamen (TGT), Problem Based Learning (PBL), dan Hasil Belajar
Hasil observasi di SMP Negeri 3 Batanghari kelas VIII2 diketahui bahwa besarnya persentase siswa yang mencapai KKM hasil belajar masih rendah (12,9%) hal ini dikarenakan siswa terlihat kurang berminat, siswa membuat gaduh, berbicara dengan teman, kurang berani mengungkapkan pendapat dan kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang menggunakan pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa agar dapat membantu siswa mengoptimalkan kemampuan berpikir dalam belajar untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan.
Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui apakah model TGT lebih baik dibandingkan dengan model PBL terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui apakah model TGT lebih baik dibandingkan dengan konvensional terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Untuk mengetahui apakah model PBL lebih baik dibandingkan dengan konvensional terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah komparatif atau perbandingan yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Batanghari, dengan sampel siswa kelas VIIIi, VIII2 dan VIII3 dari populasi keseluruhan lima kelas yang penentuan kelasnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrument yang digunakan adalah seperangkat tes formatif berupa soal esai. Adapun teknink analisis data dengan menggunakan anova satu arah dan uji gain.
Hasil pengujian hipotesis dengan uji lanjut anova satu arah (uji scheffe) dan uji gain dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) model TGT dan PBL baik digunakan terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Tahun pelajaran 2014/2015 (2) model TGT lebih baik dibandingkan dengan konvensional terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) model PBL lebih baik dibandingkan dengan konvensional terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015.
Tidak tersedia versi lain